• Jl.Bukit Jambul, RT.003RW.01
  • desakelong27@gmail.com

Peran Kader Desa Siaga Dalam Mensukseskan Vaksinasi di Desa

30 Maret 2021 Agung Isman Berita Desa Dibaca 30 Kali

Kelong- Desa Siaga merupakan gambaran masyarakat yang sadar, mau dan mampu untuk mencegah dan mengatasi berbagai ancaman terhadap kesehatan masyarakat seperti kurang gizi, penyakit menular dan penyakit yang berpotensi menimbulkan Kejadian Luar Biasa (KLB), adanya bencana, kecelakaan dan lain sebagainya.

Pada hari ini Rabu (31/03/2021) akan diadakan vaksinasi bagi para lansia yang ada diDesa Kelong, tidak terlepas dari itu peran kader desa siaga ikut serta membantu pihak Puskesmas Kelong untuk menjemput warga yang ada di serbang Desa Kelong (Pulau Tenggel). Para lansia yang sudah terdata untuk menerima vaksinasi pada hari ini, akan disuntik vaksinasi dan akan mendapat surat sertifikasi yang dikeluarkan oleh pihak Kesehatan yang menyatakan orang tersebut telah divaksinasi dan terdata.

Salah seorang lansia yang akan divaksinasi dibantu oleh pihak kesehatan Puskesmas Kelong

Adanya peran masyarakat dalam memanfaatkan potensi setempat, secara gotong royong, Pengembangan Desa Siaga mencakup upaya untuk lebih mendekatkan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat desa, mensiapsiagakan masyarakat menghadapi berbagai masalah kesehatan, meningkatkan kemandirian masyarakat dalam mengembangkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Peran kader dalam pengembangan Desa Siaga sangat dibutuhkan terutama dalam menggerakkan masyarakat, pengamatan terhadap berbagai masalah kesehatan didesa, peningkatan upaya kesehatan lingkungan, peningkatan kesehatan ibu, bayi dan balita, lansia dan mempersiapkan masyarakat untuk menghadapi bencana.

Ini semua tidak terlepas dari peran Kader Desa Siaga Desa Kelong dapat berjalan dengan baik karena adanya solidaritas serta masih kentalnya jiwa kegotong royongan dimasyarakat dari para kader tersebut. Solidaritas ini dipengaruhi oleh faktor intrinsik yaitu adanya rasa tanggung jawab, dan pada faktor ekstrinsik yaitu adanya dukungan sosial dari Keluarga, Masyarakat, Stakeholder, Puskesmas dan pihak-pihak lainnya.

( Agung )

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar