• Jl.Bukit Jambul, RT.003RW.01
  • desakelong27@gmail.com

Dengan Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan MusDes Penetapan APBDes Tahun 2021 Desa Kelong Digelar

18 Maret 2021 Agung Isman Berita Desa Dibaca 28 Kali

Kelong - Guna melanjutkan Pembangunan kedepan yang akan menginjak tahun 2021, Desa Kelong melaksanakan kegiatan Musyawarah Desa (Musdes) Penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) untuk Tahun 2021, yang bertempat diGedung Serbaguna Desa Kelong pada hari Kamis tanggal 18 Maret 2021. Kegiatan Musdes dipimpin dan dibuka oleh Ketua BPD ( Umar Husen S.I.Kom ) pada pukul 09:00 WIB. Dalam kegiatan Musdes tersebut dihadiri oleh Kasi PMD Kecamatan Binsir ( Ikha Yuliawati ), Kapolsubsektor Bintan Pesisir ( Iptu Masnur ), Pendamping Desa ( Nurdin ), Ketua LPM Desa Kelong ( Henrikho ), Bhankamtibmas Desa Kelong ( Bripka Eko Edi Saputra ), Kepala Dusun II ( Hamani ), serta Lembaga Desa seperti PKK, Ketua RT/RW, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda Desa Kelong.

Rapat Musyawarah Desa Penetapan APBDes Tahun Anggaran 2021 Desa Kelong

Kegiatan diawali dengan kata sambutan Ketua BPD ( Umar Husen S.I.Kom ). Beliau “meyampaikan bahwa pertemuan rapat kita pada hari ini adalah dalam rangka penetapan APBDes Desa Kelong Tahun Anggaran 2021, dimana Anggaran Pendapatan Belanja Desa ( APBDes ) ditahun ini akan kita pergunakan untuk kegiatan-kegiatan desa di Tahun 2021 baik dalam bidang pemerintahan, bidang pembangunan, bidang pemberdayaan masyarakat, bidang pembinaan, serta bidang Penanggulangan Bencana, Keadaan darurat dan Mendesak, semuanya akan kita laksanakan ditahun 2021 ini sesuai dengan apa yang sudah pemerintah desa susun di dalam APBDes 2021. Sehingga pada kesempatan ini tujuannya adalah menyampaikan untuk apa saja Pendapatan Desa yang akan dilaksanakan di tahun 2021 ini”. Jelas Umar dalam rapat pagi itu  

Selanjutnya Kasi PMD Kec. Bintan Pesisir dalam kata sambutannya “ menyampaikan bahwa di tahun 2021 penggunaan Dana Desa masih menyinggung Pemulihan Ekonomi Nasional SDGS (Sustainable Development Goals) yaitu Pembangunan Berkelanjutan dimana kegiatan yang sebelumnya masih tertunda karena pengalihan anggaran menjadi prioritas utama Desa untuk tahun sekarang seperti pembangunan yang tertunda ditahun yang lalu, dan lain-lain " ucap Ikha Yuliawati.
Ikha menambahkan tidak hanya itu ditahun ini masih menjadi prioritas utama dalam Dana Desa untuk penyaluran BLT-DD kepada masyarakat yang memang dalam kriteria “Miskin atau masyarakat yang mempunyai penyakit Kronis Menahun” dan juga masih masuk dalam prioritas desa juga dalam penanganan Covid-19 diDesa.

Pemaparan APBDes Tahun Anggaran 2021 disampaikan oleh Sekretaris Desa ( Dedi Junardi ) Secara jelas dan detail mengenai pagu anggaran untuk Tahun 2021, yang mana sudah disiapkan pada 2 bulan yang lalu dengan meyesuaikan regulasi-regulasi yang ada dari pemerintah pusat hingga daerah berkenaan dengan situasi pandemik covid-19 yang belum berakhir ini. Dalam paparannya, pendapatan Desa Kelong ditahun ini akan mencapai 2.9 Miliar yang terdiri dari Dana Transfer ( DD, ADD, BHPRD ). Yang mana anggaran tersebut akan dibagi sesuai dengan kebutuhan operasional desa serta pembangunan yang berorientasikan pemulihan ekonomi melalui bidang Pemberdayaan, Padat Karya dan Bantuan Sosial.

Pagu Dana Tranfer Tahun Anggaran 2021 Perkiraan Pendapatan DD tahun 2021 sebesar Rp. 1.017.921.000, ADD sebesar Rp. 1.196.656.000 dan BPHRD sebesar Rp. 691.757.000 .

Beberapa point penting dalam Musyawarah Desa Penetapan APBDes Tahun Anggaran 2021 :

  1. Melanjutkan pembangunan yang belum terealisasi di Tahun lalu dan menjadi prioritas di Tahun sekarang
  2. Penyaluran BLT-DD Tahun 2021 yang sudah di tetapkan dalam Musdesus penetapan KPM BLT-DD 2021 yang dianggarkan selama 12 Bulan dengan penerima manfaat Rp. 300.000 per Bulan/ KK dan jumlah KPM BLT-DD Desa Kelong sebanyak 82 KK
  3. Dan juga masih tetap berlanjut dalam Penanganan Covid-19 Desa Kampung Tangguh

Musyawarah Desa Penetapan APBDes 2021 diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara oleh unsur Pemerintah Desa, BPD, dan Keterwakilan dari Masyarakat. Dikarenakan masih dalam kondisi pandemic covid-19 maka para wakil dari masyarakat ini hadir dengan tetap mematuhi protokol kesehatan serta memakai masker, menjaga jarak serta pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki ruangan Rapat.

(Agung)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar