• Jl.Bukit Jambul, RT.003RW.01
  • desakelong27@gmail.com

Verifikasi dan Validasi Data Penerima (BLT-DD) Tahun 2021

04 Februari 2021 Agung Isman Berita Desa Dibaca 140 Kali

Kelong – Bertempat diGedung Serbaguna Desa Kelong Pemerintahan Desa Kelong melaksanakan kegiatan Verifikasi dan Validasi terhadap calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahun Anggaran 2021. Kamis (04/02/2021).

Kegiatan ini dilakukan guna menentukan Kepala Keluarga yang memenuhi syarat kriteria untuk mendapatkan BLT-DD Tahun 2021 adapun rangkaian kegiatan yang diselenggarakan antara lain usulan nama – nama calon keluarga penerima manfaat dari masing – masing RT/RW yang berada diwilayah Dusun, sinkronisasi data, surveilance, musyawarah hingga penetapan atau validasi bagi calon penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2021.

Sekretaris Desa Kelong Dedi Junardi mengatakan pihaknya melibatkan unsur terkait dalam hal Verifikasi dan Validasi antara lain Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kasi Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Kepala Dusun, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Ketua RT/RW, serta Operator SIPBM dalam kegiatan Verifikasi dan Validasi. Tujuannya adalah agar bantuan yang akan kita salurkan nantinya sesuai prosedur dan tepat sasaran.

Ia menjelaskan, sebelumnya Pemerintah Desa telah menyalurkan BLT-DD pada tahun 2020 melalui Dana Desa terhadap warga yang menerima manfaat bantuan namun pada saat memasuki awal tahun 2021 ada intruksi dari pemerintah pusat melalui Surat Edaran Menteri Desa Nomor 17 Tahun 2020 Tentang Percepatan Penggunaan Dana Desa serta Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 222/PMK.07/2020 Khususnya sebagaimana termuat pada Pasal 39 ayat (1), bahwa Pemerintah Desa wajib menganggarkan dan melaksanakan BLT-DD Tahun 2021. Yang diberikan kepada kriteria keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili di Desa bersangkutan dan tidak termasuk penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Kartu Pra Kerja, Bantuan Sosial Tunai, dan Program Bantuan Sosial Pemerintah lainnya.

Kemudian dalam Verifikasi dan Validasi calon penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2021 secara tehnis tidak jauh berbeda yakni ditujukan terhadap keluarga miskin, kaum lansia dan warga yang memiliki penyakit menahun atau Kronis. Setelah dilakukan Verifikasi dan Validasi ada sekitar 82 Kepala Keluarga yang ditetapkan sebagai calon penerima BLT-DD Tahun 2021 yang telah memenuhi syarat dan kriteria. Nantinya masing – masing calon penerima BLT-DD Tahun 2021 akan mendapat bantuan uang tunai sebesar Rp.300.000,- perbulan terhitung dari bulan Januari sampai dengan bulan Desember dianggarkan selama 12 Bulan lamanya.

Kendati demikian, Ketua BPD Desa Kelong Umar Husen S.I.Com berharap bantuan uang tunai dari Dana Desa dapat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari serta untuk biaya berobat dan lain – lainnya. Ungkapnya.

Sehingga dari hasil Verifiaksi dan Validasi tersebut telah disepakati dan ditetapkan  Jumlah KPM BLT Desa Tahun 2021  sebanyak 82 KK (Delapan Puluh Tiga) KPM BLT-DD adapun besarannya sejumlah 300.000/bulan/KPM dan diharapkan dapat membantu menggerakan perputaran ekonomi masyarakat serta kebutuhan primer bisa terpenuhi.

(Agung)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar