• Jl.Bukit Jambul, RT.003RW.01
  • desakelong27@gmail.com

Pelantikan Dan Pengukuhan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM ) Desa Kelong Tahun 2021

29 Januari 2021 Agung Isman Berita Desa Dibaca 54 Kali

Kelong - Pada hari Jum’at 29 Januari 2021 bertempet digedung serbaguna Desa Kelong, Kades Kelong melantik dan mengukuhkan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Kelong periode 2021-2025. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Bintan Pesisir, Ketua BPD Desa Kelong, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas Desa Kelong, Ketua PKK, Kepala Dusun II, Ketua RT/RW,Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat.

Untuk Memperkuat kinerja dan pembangunan di Kelurahan perlu penguatan semua lembaga kemasyarakatan yang ada di kelurahan, salah satunya Lembaga Pemberdayaan Masyarakat yang merupakan lembaga yang bertugas menyusun rencana pembangunan  bersama masyarakat dan pemerintah, selain itu ada tugas yang melekat yakni memantau jalannya pembangunan diDesa.

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) adalah Lembaga Kemasyarakatan yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat, merupakan wahana partisipasi dan aspirasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan yang bertumpu pada masyarakat. 

LANDASAN HUKUM :

  1. Undang-Undang No. 22 Tahun 1999 Tentang Pemerintahan Desa
  2. Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 49 Tahun 2001 Tentang Penetapan Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa Atau Sebutan Lain
  3. Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 64 Tahun 1999 Tentang Pedoman Pengaturan Mengenai Desa
  4. Permendagri No. 18 Tahun 2018 Tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa

TUJUAN :

  1. Meningkatkan Kesadaran Masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara didalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  2. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengendali pembangunan
  3. Meningkatnya kemampuan masyarakat sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengolah dan memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang ada didesa
  4. Meningkatnya ekonomi kerakyatan dalam upaya pengentasan kemiskinan

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) sebagai salah salah satu lembaga yang berada di tengah-tengah masyarakat diharapkan menjadi motivator yang merumuskan aspirasi kebutuhan masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan pembangunan. Keberadaan LPM juga diharapkan mampu menjalin kemitraan dengan pihak terkait untuk mendukung pembangunan. Hal ini menjadikan LPM mampu menciptakan ide brilian pada setiap pengajuan ataupun rapat koordinasi pembangunan, baik di tingkat kelurahan, kecamatan, maupun tingkat daerah.

Diharapkan LPM juga diikutkan dalam rapat-rapat atau Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di setiap tingkatannya, sehingga Pemerintah Kota (Pemkot) Sibolga dapat memperoleh informasi yang lengkap dengan adanya masukan dan kontribusi aktif dari LPM. Keberadaan LPM ini juga diharapkan dapat bekerja sama dengan lembaga-lembaga pemberdayaan lain yang ada di tengah-tengah masyarakat, seperti BKM PNPM. Sehingga, harmonisasi lembaga masyarakat dapat berjalan dengan baik dan menjadi mitra yang strategis bagi pemerintah dalam menjalankan pembangunan.

Pelantikan Serta Pengukuhan Angota LPM Desa Kelong Periode 2021-2025

Hal tersebut diungkapkan Kades Kelong Alimin dalam kegiatan pelantikan dan pengukuhan Anggota LPM Desa Kelong Periode 2021-2025. Dalam hal ini pemerintah adalah mitra dari LPM, dimana setiap hal untuk mengajukan pembangunan baik tingkat kelurahan, kecamatan, maupun daerah. LPM harus mampu menciptakan ide brilian sesuai dengan apa dan mana yang perlu dimanfaatkan untuk pembangunan. “Oleh sebab itu, dalam rangka rapat koordinasi pembangunan, peran serta LPM sangat dibutuhkan,” kata Alimin

Lanjutnya Alimin menambahkan “Saya berharap agar nantinya Ketua dan pengurus LPM yang baru saja dilantik, akan melahirkan banyak gagasan serta program yang nantinya dapat lebih memberdayakan masyarakat. Jika LPM akan bekerja secara sungguh maka, proses pembangunan akan lebih cepat,”

Sampai dengan kegiatan acara pelantik selesai dapat berjalan dengan tertib dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

( Agung )

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar