• Jl.Bukit Jambul, RT.003RW.01
  • desakelong27@gmail.com

Pemerintah Desa Kelong Menggelar Musrenbang Desa Tahun 2021

14 Januari 2021 Agung Isman Berita Desa Dibaca 66 Kali

Kelong –Bertempat diGedung Serbaguna Desa Kelong Musyawarah Pembangunan Desa (MusrenbangDesa) digelar.Musrenbang Desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) Tahun Anggaran yang direncanakan. Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa) adalah dokumen perencanaan untuk periode 1 (satu) tahun dan merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa).

Pelaksanaan Musrebang Desa Kelong diselenggarakan  pada hari Kamis, 14 Januari 2021 pada Pukul 09:00 WIB s/d Selesai. Yang dihadiri oleh Camat Binsir, Kapolsubsektor Binsir, Anggota DPRD Dapil II Kabupaten Bintan, Kapala Desa Kelong Berserta Perangkat, Pendamping Desa, Ketua BPD Desa Kelong, Bhabinkamtibmas Kelong, Ketua PKK Desa Kelong, Ketua RT/RW, Tokoh Agama, Perwakilan Tokoh Masyarakat. Dan juga Musrenbang Desa Kelong kali ini juga melibatkan berbagai Intansi yang terdiri dari , perwakilan lembaga Kesehatan dan Pendidikan, Seperti Perwakilan UPT Puskesmas Desa Kelong, Seluruh Kepala Sekolah SD, SMP serta SMA yang ada di Desa Kelong dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19.

Camat Bintan Pesisir Sutono S.Pd menyampaikan Musrenbang Desa memperoleh usulan prioritas untuk dimasukkan dalam Rencana Kerja Pembangunan (RKP) Desa Tahun Anggaran 2022. “Musrenbang Desa ini dilaksanakan agar diperolehnya kesepakatan usulan prioritas dari segi Pembangunan Fisik Maupun  Non Fisik Desa dan dimasukkan ke dalam RKPDesa untuk tahun anggaran 2022,”ujar Sutono S.Pd.

Tujuan dari dilaksanakannya Musrenbang Desa Kelong Kecamatan Bintan Pesisir adalah perencanaan pembangunan desa yang partisipatif dari semua Komponen Masyarakat, Lembaga Kemasyarakatan dengan Pemerintah Desa maupun Pemerintah Kecamatan. Serta tujuan utama dari dilaksanakannya Musrenbang Desa Kelong kali ini ialah :

  1. Membahas dan menyepakati prioritas kegiatan pembangunan yang diusulkan pada Pra Musrenbang kemaren kemarin dan Selanjutnya di Sah dengan Penandatanganan Berita Acara.

Perencanaaan desa harus selaras dengan kebijakan pembangunan kabupaten dalam hal, Pendidikan dan Kesehatan, Pemukiman dan Lingkungan Hidup, Pariwisata Desa, Pertanian dan Perikanan, dan Bencana dan Keadaan Mendesak Desa.

(Agung)

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar