• Jl.Bukit Jambul, RT.003RW.01
  • desakelong27@gmail.com

Profil Wilayah Desa Kelong

22 Januari 2020 Agung Isman Berita Desa Dibaca 11.218 Kali

" PROFIL WILAYAH DESA KELONG KECAMATAN BINTAN PESISIR "

  1. KONDISI GEOGRAFIS

Secara gografis Desa Kelong adalah merupakan Desa di wilayah Kecamatan Bintan Pesisir Kabupaten Bintan dengan Luas ± 627 Km⊃2; dengan jumlah penduduk 2284 dan 731 KK . Dimana Desa Kelong adalah merupakan pengahasil sektor perikanan. Didalam Pemerintahan Desa, Kepala Desa di bantu unsur Kewilayahan Kepala Dusun I dan II.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 06 Tahun 2014 Tentang Desa, Desa adalah desa dan desa adat atau yang disebut dengan nama lain, selanjutnya disebut Desa, adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Iklim didesa Kelong sebagaimana Desa-desa lain diwilayah Indonesia mempunyai Iklim kemarau dan penghujan, hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap kegiatan masyarakat yang ada di Desa Kelong.

  1. BATAS-BATAS DESA

Berkenaan dengan batas wilayah Desa Kelong telah jelas sesuai dengan hasil kesepakatan batas desa dengan desa tetangga lainya. Dengan jelasnya batas wilayah desa akan memperjelas kewenangan yuridiksi dan mempermudah pelaksanaan pemerintahan, pembangunan, dan pembinaan kemasyarakatan.  Sesuai dengan kesepakatan bersama antar desa-desa yang bersebelahan, maka Desa Kelong berbatasan dengan desa-desa lainya sebagai berikut :

Adapun Desa Kelong Memiliki batas-batas sebagai berikut :

  1. Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Air Glubi
  2. Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Numbing
  3. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Mantang
  4. Sebelah Barat berbatasan dengan Kelurahan Kijang Kota

Iklim didesa Kelong sebagaimana Desa-desa lain diwilayah Indonesia mempunyai Iklim kemarau dan penghujan, hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap kegiatan masyarakat yang ada di Desa Kelong.

  1. PETA DESA

 

Penulis : Agung Isman

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar